Sistem Audio Prima, Solusi Ibadah Lebih Baik

Fasilitas yang mumpuni untuk mendukung aktivitas pelayanan di rumah ibadah, tidak bisa dipisahkan dengan system tata suara yang baik. Bagaimana mendapatkan alat musik dan sound sistem yang prima? 

Salah satu cara untuk membangun sistem tata suara yang baik adalah memperhatikan bentuk bangunan, dan ruang. Ruangan yang luas akan membutuhkan sistem yang lebih besar dan kuat dibandingkan ruangan yang kecil. Selanjutnya adalah perkiraan umat/jemaat yang hadir, untuk menentukan jumlah dan daya speaker yang dibutuhkan. Penting juga, bahwa jenis ibadah turut mempengaruhi sound yang dibutuhkan. Pastinya akan berbeda, sound sistem yang hanya sekedar berbicara saja seperti (khutbah atau pengajian biasa) atau yang full musik, atau yang hanya nyanyian dan melibatkan satu atau dua  alat musik saja misalnya oragan tunggal.

Pertimbangan akustik dari rumah ibadah untuk menjaga kenyamanan dan kehusyukan dari setiap ibadah juga harus diperhatikan.  Misalnya waktu dengung dengan perhitungan yang tepat, karena waktu dengung yang terlalu panjang dapat menyebabkan suara terdengar bergema dan tidak jelas. Berikut juga Serapan suara, kita tahu bahwa rumah ibadah dibangun dengan ornamen-oranmen keagamaan sehingga dibutuhkan keserasian seperti karpet, panel akustik, atau tirai yang bisa mengurangi gema dan secara gak langsung meningkatkan kualitas suara. Saat perancangan sound system yang tak bisa dilewatkan adalah saat peletakan speaker dan sumber suara harus benar-benar pas dalam pantulan suaranya. 

Menentukan anggaran yang tepat untuk membangun sound system, adalah dengan mencari konsultan yang benar-benar terpercaya. Penting untuk diketahui bahwa perencanaan sound system yang“gado-gado”dengan alasan menekan biaya malahan membuat sound system tidak tampil prima. Salah satu system audio yang memiliki banyak jenis yaitu LD system, yang dikenal nyaman ditelinga. Contohnya speaker seperti MAUI dengan desain yang ringkas dan portabel, kualitas suara yang baik, dan kemudahan penggunaan. Sangat cocok untuk ruangan berukuran sedang hingga besar. Ada juga LD System CURV, sistem kolom yang fleksibel dengan kualitas suara yang sangat baik. Dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan ruangan. Juga ada STINGER, speaker aktif dengan daya yang cukup besar, cocok untuk aplikasi indoor maupun outdoor. Terakhir yang paling populer ICOA Series, Sistem line array yang canggih dengan kualitas suara yang sangat baik dan distribusi suara yang merata. Cocok untuk instalasi permanen.