Synth yang Wajib Dimiliki Oleh Para Musisi

Bener gak sih jadi musisi hebat itu modalnya besar dan gear nya mesti mahal-mahal? Kalau mau serius jangan tanggung-tanggung, apalagi sekelas Ahmad Dhani saja masih pake Synth dengan harga 8-10 juta yang secara kualitas sudah paling mumpuni untuk aksi diatas panggung. Yes, Roland XPS 30 adalah Synth yang selalu menjadi raiders resmi Ahmad Dhani dalam setiap panggungnya, mau di dalam atau di luar negeri sekalipun. XPS 30 ini tahan banting, dan sound yang dihasilkan benar-benar menghipnotis para penonton. Sebut saja, lagu-lagu seperti “Dewi” yang menjadi wajib untuk dimainkan dengan sound yang khas dan ikonik. Terus masih banyak lagi lagu-lagu masterpiece yang gak afdol kalau gak pakai Roland XPS ini.

Kalau kita bicara synth dengan kualitas “sophisticated” sebetulnya banyak sekali produk-produk Keyboard yang berkompetisi mengeluarkan produk andalannya. Roland sendiri kelas diatas XPS sendiri ada Juno, System, Fantom, Jupiter, JD dan GAIA. Tapi mengapa harus XPS? XPS adalah Expandable synthesizer, Sebuah workstation dengan teknologi Supernatural Sound Engine, Fleksibelitas untuk menciptakan berbagai jenis suara, mulai dari piano dan organ hingga synth lead dan bass. Dapat diintegrasikan dengan perangkat Roland lainnya, seperti drum machine dan sequencer, untuk menciptakan setup yang lengkap. XPS juga memiliki desain yang kompak dan ringan, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Dan yang paling utama Harga terjangkau. Salah satu Roland Artis Indonesia, Erikson Jayanto menyebut bahwa Roland XPS ini bisa membantunya dalam mengiringi musisi dengan genre manapun, Sound nya tebal dan masih mempertahankan sound-sound vintage tapi tetap exist di jaman sekarang.

XPS series mulai dari XPS 10, yang pastinya paling popular untuk musisi pemula sudah pasti karena user-friendly. XPS 10 ini bisa dijadikan sahabat untuk memproduksi lagi, dan untuk yang masih rajin-rajinnya buat lagu Roland XPS 10, wajib untuk dimiliki, bisa jadi produser untuk musik sendiri, bahkan manggung dengan XPS 10 dijamin tidak akan mengecewakan. XPS 10 sendiri di banderol mulai dari 8 Juta, harga yang layak untuk sebuah keyboard berkelas dari Roland.

 

Simak video berikut, keseruan dimana Ahmad Dhani menggunakan
Roland XPS-30 pada acara Pestapora 2024!